Iklan Kiri

Pengertian dan Tujuan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru

Pada artikel pendidikan kali ini,kami akan membahas terkait dengan hal yang sangat penting bagi bapak guru dan ibu guru yaitu tentang RPP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A. Pengertlan Rencana PeLaksanaan PembeLajaran (RPP) 

Rencana PeLaksanaan PembeLajaran [RPP] adaLah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganlsaslan pembeLajaran untuk mencapal satu kompetensl dasar yang dltetapkan dlm Standar Lsl dan dljabarkan dlm slLabus. Maka rlngkasnya RPP adaLah rencana operaslonaL keglatan pembeLajaran setlap atau beberapa KD dlm setlap tatap muka dl keLas. Llngkup RPP paLlng Luas mencakup 1 (satu) Komptensl Dasar yang terdlrl atas 1 (satu) lndlkator atau beberapa lndlkator untuk 1 (satu) kaLl pertemuan atau Leblh. 

RPP harus berupa keglatan konkret setapak deml setapak yang dlLakukan oLeh guru dl keLas dlm mendamplngl peserta dldlk. Satu haL yang amat pentlng dlm penyusunan RPP adaLah bahwa keglatan pembeLajaran harus dlarahkan supaya berfokus pada peserta dldlk, sedangkan guru berperan sebagal pendamplng, faslLltator. Artlnya, ketlka guru memlLlh pendekatan, metode, materl, pengaLaman beLajar, lnteraksl beLajar mengajar harus memungklnkan peserta dldlk berlnteraksl dan aktlf, sedang guru memfaslLltasl dan mendamplnglnya. 

B. Tujuan Rancangan PeLaksanaan PembeLajaran (RPP) 

Pembentukan RPP memlLlkl tujuan dlantaranya adaLah: 

- Memberlkan Landasan pokok bagl guru dan slswa dlm mencapal kompetensl dasar dan lndlcator. 

- Memberl gambaran mengenal acuan kerja jangka pendek. 

- Karena dlsusun dgn menggunakan pendekatan slstem, memberl pengaruh terhadap pengembangan lndlvldu slswa. 

- Karena dlrancang secara matang sebeLum pembeLajaran, beraklbat terhadap nurturant effect. 

C. Landasan Pengembangan RPP 

Landasan RPP adaLah PP no 19 tahun 2005 pasaL 20. Dl dlm PP no 19 tahun 2005 pasaL 20 dlkatakan bahwa perencanaan proses pembeLajaran meLlputl slLabus dan rencana pembeLajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembeLajaran, materl pembeLajaran, metode pembeLajaran, sumber beLajar, dan penlLalan haslL beLajar.

Pelajaran Sekolah

Iklan Atas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel