Metode Ceramah atau Pidato dalam Proses dan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
Senin, 06 April 2020
A. Pengertian
Sumantri&Permana (1998/1999) menyatakan bahwa metode ceramah / pidato ialah cara mengajar yg paling popular&banyak dilakukan oleh Guru / Pengajar. Hal ini karna metode ceramah / pidato mudah disajikan&tdk banyak memerlukan media.
Metode ceramah / pidato ialah penyajian pelajaran oleh Guru / Pengajar dgn cara memberikan penjelasan secara lisan kepda murid. Penggunaan metode Ceramah / pidato sgt tergantung pda kemampuan Guru / Pengajar. Penguasaan Guru / Pengajar terhadap materi pelajaran, kemampuan berbahasa, intonasi suara, penggunaan media,&variasi gaya mengajar lainnya sgt menentukan keberhasilan metode ini.
B. Tujuan
Tujuan metode ceramah / pidato ialah menyampaikan materi pelajaran yg bersifat informasi, yaitu konsep, pengertian, prinsip-prinsip yg banyak&luas serta hasil penemuan-penemuan baru yg belum terpublikasikan secara meluas. Secara lebih khusus tujuan metode ceramah / pidato ialah:
Menciptakan lAndasan pemikiran murid agar dapat belajar melalui bahan tertulis hasil ceramah / pidato Guru / Pengajar.
Menyajikan garis-garis besar isi pelajaran&permasalahan penting yg terdapat dlm isi pelajaran.
Merangsang murid utk belajar mandiri&menumbuhkan rasa ingin tahu melalui pengayaan belajar.
Memperkenalkan hal-hal baru&memberikan penjelasan secara gamblang teori&prakteknya.
Sebagai langkah awal utk metode yg lain dlm upaya menjelaskan prosedur yg harus ditempuh murid.
C. Kelebihan Metode Ceramah / pidato
Murah dlm arti efisien dilihat dr segi waktu, biaya,&tersedianya Guru / Pengajar/pengajar.
Mudah dlm arti materi dapat disesuaikan dgn keterbatasan waktu, karakteristik murid, materi pelajaran,&tersedianya alat pelajaran.
Meningkatkan daya dengar murid&menumbuhkan minat belajar dr sumber lain.
Memperoleh penguatan, dlm artian Guru / Pengajar memperoleh penghargaan, kepuasan&sikap percaya diri dr murid yg diajar jika murid memperhatikannya&kelihatan senang karna mengajarnya Guru / Pengajar baik.
Ceramah / pidato dapat memberikan wawasan yg luas, karna Guru / Pengajar dapat menambah&mengkaitkan dgn sumber &materi lain dlm kehidupan sehari-hari.
D. Kelemahan Metode Ceramah / pidato
Murid dapat menjadi jenuh terutama kalau Guru / Pengajar tdk pAndai menjelaskan.
Dapat menimbulkan verbalisme pda murid.
Materi ceramah / pidato terbatas pda yg diingat Guru / Pengajar.
Sisiwa akan dirugikan apabila daya ketrampilan utk mendengarkan lemah.
Terjadi interaksi satu arah yaitu Guru / Pengajar kepda murid.
E. Cara Mengatasi Kelemahan Metode Ceramah / pidato
Selang-selinglah ceramah / pidato dgn pertanyaan-pertanyaan.
Gunakan alat peraga baik langsung maupun tdk langsung/tiruan, serta dilakukan demonstrasi utk memperagakan konsep yg Anda kemukakan.
Ciptakan interaksi yg bervariasi antara Guru / Pengajar-murid, murid-Guru / Pengajar, murid-murid.
Lakukan gaya mengajar yg bervariasi agar murid tdk bosan mendengarkan ceramah / pidato Anda.
(Sumber: Bahan Ajar Cetak Strategi Pembwlajaran, Soli Abimanyu, dkk)