Iklan Kiri

Metode Ceramah atau Pidato dalam Proses dan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)


Metode Ceramah atau Pidato dalam Proses dan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)

A. Pengertian
Sumantri&Permana (1998/1999) menyatakan bahwa metode ceramah / pidato ialah cara mengajar yg paling popular&banyak dilakukan oleh Guru / Pengajar. Hal ini karna metode ceramah / pidato mudah disajikan&tdk banyak memerlukan media.

Metode ceramah / pidato ialah penyajian pelajaran oleh Guru / Pengajar dgn cara memberikan penjelasan secara lisan kepda murid. Penggunaan metode Ceramah / pidato sgt tergantung pda kemampuan Guru / Pengajar. Penguasaan Guru / Pengajar terhadap materi pelajaran, kemampuan berbahasa, intonasi suara, penggunaan media,&variasi gaya mengajar lainnya sgt menentukan keberhasilan metode ini.

B. Tujuan
Tujuan metode ceramah / pidato ialah menyampaikan materi pelajaran yg bersifat informasi, yaitu konsep, pengertian, prinsip-prinsip yg banyak&luas serta hasil penemuan-penemuan baru yg belum terpublikasikan secara meluas. Secara lebih khusus tujuan metode ceramah / pidato ialah:

Menciptakan lAndasan pemikiran murid agar dapat belajar melalui bahan tertulis hasil ceramah / pidato Guru / Pengajar.

Menyajikan garis-garis besar isi pelajaran&permasalahan penting yg terdapat dlm isi pelajaran.

Merangsang murid utk belajar mandiri&menumbuhkan rasa ingin tahu melalui pengayaan belajar.

Memperkenalkan hal-hal baru&memberikan penjelasan secara gamblang teori&prakteknya.

Sebagai langkah awal utk metode yg lain dlm upaya menjelaskan prosedur yg harus ditempuh murid.

C. Kelebihan Metode Ceramah / pidato

Murah dlm arti efisien dilihat dr segi waktu, biaya,&tersedianya Guru / Pengajar/pengajar.

Mudah dlm arti materi dapat disesuaikan dgn keterbatasan waktu, karakteristik murid, materi pelajaran,&tersedianya alat pelajaran.

Meningkatkan daya dengar murid&menumbuhkan minat belajar dr sumber lain.

Memperoleh penguatan, dlm artian Guru / Pengajar memperoleh penghargaan, kepuasan&sikap percaya diri dr murid yg diajar jika murid memperhatikannya&kelihatan senang karna mengajarnya Guru / Pengajar baik.

Ceramah / pidato dapat memberikan wawasan yg luas, karna Guru / Pengajar dapat menambah&mengkaitkan dgn sumber &materi lain dlm kehidupan sehari-hari.

D. Kelemahan Metode Ceramah / pidato
Murid dapat menjadi jenuh terutama kalau Guru / Pengajar tdk pAndai menjelaskan.

Dapat menimbulkan verbalisme pda murid.

Materi ceramah / pidato terbatas pda yg diingat Guru / Pengajar.

Sisiwa akan dirugikan apabila daya ketrampilan utk mendengarkan lemah.

Terjadi interaksi satu arah yaitu Guru / Pengajar kepda murid.

E. Cara Mengatasi Kelemahan Metode Ceramah / pidato
Selang-selinglah ceramah / pidato dgn pertanyaan-pertanyaan.

Gunakan alat peraga baik langsung maupun tdk langsung/tiruan, serta dilakukan demonstrasi utk memperagakan konsep yg Anda kemukakan.

Ciptakan interaksi yg bervariasi antara Guru / Pengajar-murid, murid-Guru / Pengajar, murid-murid.

Lakukan gaya mengajar yg bervariasi agar murid tdk bosan mendengarkan ceramah / pidato Anda.

(Sumber: Bahan Ajar Cetak Strategi Pembwlajaran, Soli Abimanyu, dkk)


Pelajaran Sekolah

Iklan Atas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel